Percantik Profile Github Dengan Langkah Sederhana

Github merilis fitur baru yang membuat profile github kita lebih menarik.

Berikut contoh profile github saya versi lama.

Dengan beberapa menit, kita dapat mengubah tampilan profile tersebut dengan tampilan yang lebih menarik.

Berikut caranya:

  1. Buat repository baru dengan nama profile github kamu. Contoh: https://github.com/secondl1f3/secondl1f3
  2. Buat README .md file. Cukup centang pilihan add a readme file.
  3. Tulis konten readme sesuka kamu, bisa tambahkan text, foto, link atau lainnya.

4. Kemudian save atau git push perubahannya.

Kita cek hasilnya dengan kembali ke halaman profile.

Silahkan mencoba!

Langkah Praktis Dapat Beasiswa Kuliah di Saudi Arabia

Jika seseorang mendengar negara Saudi Arabia, biasanya yang terlintas dipikiran orang itu adalah Islam, Haji dan Umroh, panas, ataupun gurun pasir. Itu semua tidak ada salahnya dan wajar saja jika berpikiran seperti itu. Namun, kini Kerajaan Saudi Arabia sedang gencar menyiapkan ekonomi negaranya dari awalnya ekonomi berbasiskan minyak menjadi ekonomi yang lebih beragam seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pariwisata.

Sektor pendidikan pun menjadi salah satu pusat perhatian negara ini. Investasi dibidang pendidikan sangat besar dilihat dari melimpahnya dana penelitian untuk kampus atau pusat-pusat riset. Universitas-universitas Saudi Arabia pun tak melulu tentang keislaman, tapi ada ilmu pengetahuan umum. Lihat saja kampus baru KAUST yang fokus di science and technology. 

Oke cukup ya muqodimah-nya hehe. Kalau mau explore lebih jauh tentang visi Saudi Arabia 2030, silahkan klik ini.

Kita masuk ke pembahasan intinya, yaitu langkah-langkah untuk dapat beasiswa kuliah di Saudi Arabia. Tulisan kali ini berfokus pada pascasarjana (S2 & S3) ya. Untuk S1 menyusul ya. Magister (S2) di Arab Saudi di tempuh dalam waktu normal 4 semester atau 2 tahun kurang dengan maksimal 4 tahun. Sedangkan Doktoral (S3) di tempuh paling cepat 6 semester atau 3 tahun. Bahasa pengantar di keduanya full English. Jadi tak perlu khawatir jika belum bisa berbahasa Arab. Walaupun kemampuan bahasa Arab sangat berguna di kehidupan sehari-hari.

Supaya lebih semangat, kita cek dulu benefit apa saja yang akan kita dapat dari beasiswa ini.

  • A monthly bursary of SR 1,900
  • A preparation allowance when coming for the first time of SR 1,800.
  • The candidate would receive the health care.
  • Providing an accommodation and facilities.
  • Subsidized meals can be provided for the candidate.
  • A total sum of SR 4,000 for PhD, and SR 3.000 for masters’ allowance for printing the thesis.
  • An allowance of SR 2,700 for shipping books (when graduated).
  • Providing the candidate with a two-way ticket annually.

Alhamdulillah lumayan ya. Silahkan cek channel youtube saya Fajar Notes tentang beasiswa ini dan kehidupan mahasiswanya.

Read More »

Cara Mudah Mentransfer Uang dari Arab Saudi ke Indonesia

Arab Saudi sebagai salah satu negara dengan warga negara Indonesia (WNI) terbanyak di dunia baik pelajar/mahasiswa ataupun pekerja. Kebanyakan pekerja mempunyai keluarga di Indonesia. Mereka pun setiap bulannya atau dalam periode waktu tertentu mengirimkan uang ke Indonesia. Sebelum era disrupsi teknologi kini, pengiriman uang hanya bisa dilakukan melalui transfer manual bank dan western union (WU). Metode pengiriman tersebut tidak fleksibel dan tergolong menyulitkan karna penerima uang harus ke kantor/agen WU.

Nah era sekarang, kondisi sudah berubah. Opsi-opsi lain yang memudahkan pengirim dan penerima bermunculan tanpa perlu ke Western Union, langsung ke rekening bank Indonesia. Berikut cara mudah mentransfer uang dari Arab Saudi ke Indonesia.

Bank Tahweel Ar Rajhi

1. Buat akun bank tahweel ar rajhi. Datang langsung ke bank.

2. Ketika sampai bank, pasti akan ditanya mau ngapain. Bilang saja transfer uang ke Indonesia. Nanti akan diarahkan untuk mengisi form transfer.

3. Isi form transfer. Coba diperhatikan betul nomor akun bank tujuan, nama bank, nama pemilik rekening dan branch bank. Ar Rajhi kerja sama dengan bank Mandiri, BCA, BNI, Bank Rakyat, Express Money untuk Indonesia. Selain itu saya kurang tau.

4. Serahkan formulir itu ke petugas di nomor antrian, siapkan iqoma, nanti akan di print nomor antrian. Sebenernya nggak terlalu berlaku nomornya, banyak yang barbar nasabahnya. Biasanya sih dari Asia Selatan hehe

5. Siapin uang 53 SAR untuk pembuatan rekening, uang itu totally sebagai biaya pembuatan rekening di Tahweel Ar Rajhi. Jangan lupa bilang ke tellernya saya belum punya akun bank, jadi sekalian bikin akun banknya. Nanti dimintain 53 SAR itu.

6. Kalau mau sekalian transfer uang ke Indonesia, siapin uangnya dan akan di transfer ke rekening yg ada di formulir yang tadi kita isi. Biayanya 25SAR dengan waktu 1 hari kerja sampai ke akun bank tujuan. Kursnya mengikuti kurs Ar Rajhi.

7. Setelah dapat kartu atm, langsung aja ke atm buat ubah pin, nnti akan ada kode verifikasi ke nomor telepon. Jadi bisa sekalian pastikan bahwa nomor telepon kita benar. Ini berguna untuk aktivasi aplikasi mobilenya tahweel ar rajhi.

8. Kalau mau nyoba deposit, silahkan. Deposit bisa dilakukan di ATM. Sama kayak Indonesia. Pilih aja bahasa inggris biar gampang.

9. Selesai.

Setelah kita dapat kartu dan nomor hape aktif terigistrasi.

Read More »

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet Melalui Microjobs Picoworkers

Saat ini sedang ngetrends kerja dari rumah. Bisa menjadi freelancer, blogger, surveyor, atau sekadar klik iklan (Paid to Click). Menjadi seorang blogger memerlukan banyak keahlian seperti menulis dan memahami teknik Search Engine Optimizations (SEO) untuk menaikan traffic blog. Itu butuh waktu. Bagaimana kabarnya jika kita tak sabaran dan ingin segera memiliki penghasilan tambahan hanya bermodalkan sedikit waktu dan koneksi internet?

Yap. Menjadi freelancer untuk pekerjaan-pekerjaan kecil. Dengan mengerjakan pekerjaan kecil seperti mengunjungi web dan mengklik iklan yang tampil atau sekadar subscribe pada channel youtube pengiklan. Inilah yang dinamakan dengan Microjobs. Kita akan mendapat bayaran langsung dari orang yang memberikan pekerjaan-pekerjaan kecilnya itu. Bayarannya beragam, mulai dari $1 – $0.04 per tugas. Caranya pun juga terbilang mudah. Biasanya si pemberi kerja akan memposting pekerjaannya dan menjelaskan secara detil bagaimana caranya menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan ekspektasi dia. Namun, perlu berhati-hati dalam memilih situs microjobs. Banyak yang scam atau penipu alias tidak membayar. Nggak mau kan kita udah ngerjain tugas dengan jujur malah akhirnya di kecewakan karena penipu. Buang-buang waktu aja. Makanya kita pilih yang benar-benar terbukti membayar alias Legit.

Salah satu situs microjobs legit, yaitu picoworkers.

Bisa di lihat pada kanan atas, tertulis $0.75 balance dan $0.34 pending review. Artinya penghasilan saya saat ini baru $0.75 dan sedang menunggu review atas pekerjaan saya dari employers sebanyak $0.34. Jika sudah selesai di review, maka balance saya akan bertambah. Mantabnya lagi, minimal payoutnya cuma $5 artinya kamu bisa dengan cepat mencairkan uangnya ke paypal/ethereum/litecoin.

Masih nggak percaya kalau picoworkers itu terbukti membayar? Coba kamu search di Google “Picoworkers Scam”. Nanti akan muncul hasil pencarian dan sebagian besar membenarkan kalau microjobs ini Legit.

Cara mudah mendapatkan uang dari picoworkers daftar dulu untuk memulainya.

  1. Klik picoworkers.com (ini pakai refferal saya, kamu akan mendapatkan bonus $0.75 ketika mendaftar melalui refferal saya)
  2. Klik tab Small jobs, kamu akan melihat banyaknya tugas yang bisa kita selesaikan untuk mendapatkan uangnya.

3. Kita coba selesaikan jobsnya ya.

Kita pilih jobs yang mudah dulu, pada baris pertama. Add me as facebook friend.

Setelah itu muncul halaman keterangan jobs nya.

What is expected from Workers? inilah yang harus kita raih untuk menyelesaikan tugasnya.

Required prood that task was finished? inilah yang harus kita upload atau buktikan bahwa kita sudah selesai ngerjain tugasnya.

Klik I Accept this job, akan muncul form untuk menuliskan bukti selesainya tugas.

Klik I confirm that I have completed this task.

Tunggu deh. Mantap.

Daftar untuk dapat uang dari picoworkers. Itulah cara mudah mendapatkan uang dari microjobs picoworkers.

Cara Mudah Daftarkan Blog WordPress ke Google

Teman-teman punya blog seperti saya ini? Blog gratisan seperti wordpress.com atau blogspot.com. Selain gratis, fiturnya pun mudah digunakan walaupun ada beberapa limitasi. Platform blog seperti yang sudah saya sebutkan mempunyai fitur statistik. Jadi kita bisa tau berapa orang yang sudah berkunjung ke blog bahkan sedikit informasi tentang sumber traffic kunjungan blog kita. Namun, fitur itu tidak terlalu mendalam menampilkan informasinya.

Biasanya setiap mesin pencari ada fasilitas yang memperbolehkan pemilik situs mendaftarkan situsnya ke mesin pencari tersebut untuk memantau traffic-nya secara lebih detail. Apa bisa blog gratisan di setting juga?

Jawabannya bisa. Kali ini saya mau posting tentang mendaftarkan blog wordpress.com ke google console. Caranya cukup mudah karena wordpress.com sudah menyediakan fiturnya. O

  1. Pada halaman dashboard. Aksesnya setelah login blogkamu.wordpress.com/wp-admin , Klik My Sites.
  2. Kemudian setelah berganti halaman. Klik Tools – Marketing – Traffic. Tampilannya seperti ini.

melihat traffic wordpress.com

 

3. Oke. Bagian wordpress kita hold dahulu. Kita ke Google Search Console / Google Webmaster Tools.

4. Klik Add Property pada bagian kiri atas.

5. Menu berikutnya ialah Select Property Type. Pilih URL prefix, masukan URL kamu termasuk https:// klik Continue

6. Selanjutnya klik “Add a Property“. Akan muncul pop up Verify Ownership. Pilih Other verification methods, pilih HTML Tag.

7. Pilih HTML Tag. Maka kamu akan melihat semacam kode unik identitas blog kamu seperti “<meta name=”google-site-verification” content=”rc2RXSkjV5rz9P2s2hTwdDsnwTu4tD-gmruKUrqBGjs” /> Copy semuanya. Tahan dulu ya jangan di klik verify dulu. Kita belum selesai.

8. Kita kembali ke halaman WordPress traffic. Paste kode yang telah kita dapatkan pada Google Search Console. Klik Save Settings.

9. Kembali ke halaman Google Search Console sebelumnya. Klik Verify. Tunggu proses verifikasi, seharusnya tidak lama. Maka kamu berhasil menambahkan blog kamu ke Google. Akan tetapi, kamu belum bisa melihat traffic yang datang saat itu juga, melainkan keesokan harinya. Gampang kan? Silahkan dicoba.

 

Kuliah di Luar Negeri, Emang udah siap?

Pertanyaan itu harus ditanyakan pada diri sendiri sebelum memulai perjalanan teramat jauh. Kesiapan fisik, mental, finansial, wawasan, dan dokumen. Hampir bisa saya pastikan, almost 100% orang yang kuliah di luar negeri mempersiapkan kuliahnya dengan matang. Research mendalam tentang target, mulai dari biaya kuliah dan hidup, jenis makan, cuaca, atmosfir kampus, sampai dengan kondisi pertoiletan. Eitss, jangan anggap remeh tentang toilet, bagi kamu yang terbiasa dengan toilet ‘basah’, di luar negeri (developed country) sebagian besar menerapkan konsep toilet ‘kering’. Kamu nggak akan menemukan selang atau bak penampungan air, yang ditemukan hanyalah tissue dan tombol flush. Masih mau kuliah di luar negeri?

Terus apa yang harus kita siapkan untuk memulainya?

Saya nggak akan bahas detail banget. Sebenarnya tulisan ini lahir dari banyaknya email yang masuk ke saya menanyakan dokumen persyaratan: Motivation Letter, Research Proposal, dan Curriculum Vitae. Mereka meminta untuk mengirimkan karya saya untuk kemudian dijadikan referensi. Itu sah-sah saja. Namun, ada yang menarik dari hal ini.

Bagi kita yang terbiasa menulis baik itu karya tulis ilmiah ataupun bebas, akan ada dampak dalam menulis dokumen-dokumen tersebut. Kita tidak akan bingung untuk memilih diksi yang cocok untuk bagian ini itu. Lain halnya dengan kita yang lebih sering menulis status atau caption di sosial media yang sebagian besar bersifat opini semata. Jadi, mari kita biasakan menulis dahulu. Poin pertama yang harus disiapkan ialah kebiasaan menulis.

Saya tidak bisa menulis. Saya nggak ada ide untuk menulis. Saya malu tulisan saya tidak menarik, dll. Hilangkan dulu semua keraguan itu. Mulai aja dulu (tagline to*****ia hehe). Penghalang utama sebenernya itu diri kita sendiri. Kuliah di luar negeri itu bukan perkara pintar atau bodoh, tapi rajin atau malas. Kalau ia pintar tapi malas, ya nggak akan bisa kuliah di luar negeri, even though ia anak konglomerat sekalipun. Dan sebaliknya. Kalau kita rajin, Insya Allah ada jalan kok. Beasiswa itu banyak banget, tapi kita aja yang nggak tau atau mungkin nggak mau tau/cari tau.

Saya belum ada ide untuk penelitian apa nantinya, itu gimana?

Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri sebaiknya kamu tentukan mau ngapain disana. Ini sangat penting. Untuk apa kita kuliah jauh-jauh kalau pulang ke Indonesia hanya menambah daftar saingan bagi lulusan dalam negeri dalam mencari pekerjaan? Untuk apa kita kuliah di luar negeri kalau kita nggak punya blue print yang jelas? Untuk apa kita kuliah di luar negeri kalau hanya untuk memuaskan konsumen instagram atau facebook saja? Untuk apa kita kuliah di luar negeri kalau cuma buat terlihat keren dan nggak mau ketinggalan tren? Please deh, nggak usah daftar kalau tujuannya itu. Ayo bareng-bareng kita renungin tujuan awal kita kuliah di luar negeri untuk apa, apalagi nargetin dapet beasiswa. Nah jika sudah matang, kamu bisa baca-baca penelitian di berbagai jurnal. Portal Garuda dari dikti sudah memudahkan sekali bagi kita yang mau baca scopus tapi kurang dana untuk langganan. Misal kita tertarik di isu teknologi informasi, ada penelitian yang menarik dan butuh penelitian lanjutan untuk menguatkan teori itu, maka kita bisa ambil bagian disitu. Atau membuat terobosan yang belum pernah ada. Itu poin kedua: blue print.

Sampai sini dulu ya. Kalau mau ada yang bisa kita diskusikan, silahkan komentar saja ya supaya yang lain bisa mengikuti juga.

The last but not least, saya lampirkan Motivation Letter dan Research Proposal saya ketika mendaftar Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia kala itu. Jadi pertanyaannya, mau kuliah di luar negeri, emang udah siap?

Motivation Letter, Research Proposal Beasiswa

Semoga bermanfaat. Selamat berjuang.