Berbagi Bersama – Part I

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Tulisan ini mungkin terbilang sangat telat, karena acaranya sudah lumayan lama terjadi. Bagaimana pun juga tetap harus di dokumentasikan dalam tulisan. Melalui tulisan, kita dapat merasakan lebih dalam. Dan tulisan ini dibagi menjadi tiga part sesuai jumlah hari kami di lokasi.

Dingin, sejuk, rindang, medan terjal, gunung batu, masyarakat ramah, minim pendidikan, nikah muda, bersemangat dan ceria.

Itulah sedikit gambaran tentang tempat yang saya dan teman-teman Fakultas Teknik UHAMKA kunjungi untuk rangkaian acara Milad FT 16. Untuk membaca profil lengkap tentang kondisi lokasi, silahkan baca tulisan teman saya Tirta Anhari.

Persiapan telah usai, kini saatnya bergegas untuk segera berangkat menuju lokasi. Bakti Sosial Peduli Pendidikan. Melaksanakan dua TRI DARMA Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran dan pengabdian masyarakat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, bakti sosial Fakultas Teknik memang sudah menjadi suatu habbit yang baik. Bersatu padu melawan kebodohan.

Tepatnya tanggal 10 – 12 Mei 2013. Kami berangkat terbagi dalam beberapa grup keberangkatan (kayak pergi haji aja haha). 2 mobil pribadi dan beberapa sepeda bermesin. Saya berada di kloter sepeda bermesin :D. Perjalanan lumayan jauh dan cukup menantang di akhir jalur. +- 5 jam perjalanan. Walaupun lokasinya tak begitu jauh dari Jakarta. Gunung Batu III, Sukaharja, Sukamakmur, Jawa Barat.

peta ke gunung batu

Bagaimana perjalanan kami yang pastinya lebih seru dibanding mobil? Silahkan dibaca terus.

Cek kendaraan, cek barang-barang, cek teman – berdoa – berangkat. Jalur yang kami ambil adalah jalur ke arah Jl. TB. Simatupang – Jl. Raya Bogor – Citeurup – Gunung Batu III. Untuk pertama, mulus – mulus saja karena masih diwilayah DKI Jakarta, setelah memasuki wilayah Citeurup – Lokasi, perjalanan berubah menjadi trek off road dengan tanjakan, turunan, kelokan dan bebatuan. Namun, it’s amazing dengan segala ciptaan Allah SWT. Ditengah perjalanan, salah seorang teman saya, fulan namanya. Dia dapat musibah, ban motornya bocor broo. Lantas kami coba cari adakah bengkel di daerah sekitar. Dan Alhamdulillah ada.

bengkel

Kebetulan juga lokasi pemandangannya yang Subhanallah Indahnya, saya narsis dulu ya, lol.

narsis

Oke, motor sehat lagi. Saatnya kembali meneruskan perjalanan. Jam 2 siang kami sampai di lokasi. Istirahat sejenak, makan siang tentunya dan Sholat pastinya. Melihat kondisi dari lokasi, yaitu MTS An-nur yang dirintis oleh Pa’de dan Bu’de dari Ketua BEM FT UHAMKA 2012-2013, kagum dan bangga dengan semuanya. Kalau di lihat bangunannya sih memang masih kurang dari sempurna, tapi cukup layak untuk tempat belajar mengajar. By the way, sebelum bangunan ini permanen bangunan sekolah itu adalah bekas toko. Hal ini bisa dilihat dari rolling door. Meskipun kondisinya seperti ini, para siswa sangat aktif dan hebat.

IMG_0575

Hari pertama, kami agendakan persiapan dan bersih-bersih tempat seperti mushola, kamar mandi (toire – japan lang.), dan kelas. Puncak bersih-bersih akan diagendakan di hari ketiga. Malam harinya, wow dingin bangett… sampai-sampai karpet yang dijadikan alas berubah jadi double fungsi atau istilahnya multifungsi menjadi alas dan selimut !. Kami pun tidur dengan terlelap, mungkin kecapean di perjalanan nanti dan harus mempersiapkan acara esok hari, yaitu melakukan pekerjaan ‘guru’ sementara. Alhamdulillah saya dipercaya menjadi tim ‘guru sementara’ tersebut. Menjadi guru SMP !. So, mau tau keseruan apa yang terjadi di hari kedua? Merasakan gelora semangat anak-anak? Silahkan tunggu postingan selanjutnya ya 😀

Bersambung ke Berbagi Bersama – Part II

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s