Berbagi Bersama – Part II

Tulisan ini merupakan lanjutan dari postingan Berbagi Bersama – Part I .

Hari kedua kami mengabdi merupakan acara pembukaan dan acara utamanya. Persiapan dilakukan, mulai dari penjemputan murid-murid, cek sounds, ruangan dan hal-hal pendukung lainnya. Pembukaan diawali dengan kalam ilahi serta menyanyikan lagu kebangsaan – INDONESIA RAYA.

Dilanjutkan dengan mengajar.. Tahun ini adalah kedua kalinya saya dipercaya sebagai ‘guru sementara’ untuk acara baksos peduli pendidikan FT. Mudan-mudahan dapat tersalurkan ilmu dan mendapatkan manfaatnya. Pada kesempatan tahun ini saya dan teman saya afifah rusda berbagi tentang internet :D.

Belajar mengajar ini dibagi menjadi dua tim, yaitu tim pengajar SMP dan tim pengajar SD. Saya di SMP 😀

FYI, di Desa Gunung Batu III, sebenarnya sudah ada internet (warnet-red). Namun, jaraknya terbilang jauh di bawah jadi murid-murid sukar untuk mengaksesnya. Bagaimanapun juga, minat dan pengetahuan umum tentang internet sudah cukup. Saat ditanya ‘sudah punya facebook?’ dijawab serentak. ‘Sudaaahh…’ ya meski tidak semuanya. Kami melakukan interaksi-interaksi untuk memancing kreatifitas dari siswa/i MTS An-nur. Dan hasilnya, mereka berani untuk maju kedepan dan menjelaskan apa yang kami tanyakan serta bagikan. Semangat majunya mungkin karena hadiahnya ya hahaha. Tidak. Mereka bersemangat untuk belajar dan hebat.

We're sharing
We’re sharing

Kurang lebih, dari jam 9 pagi sampai siang kami menjadi ‘guru sementara’ atau ‘guru dadakan’. Memasuki 3 kelas secara bergantian dengan tim pengajar yang lain. Singkat cerita, finish.

Setalah belajar bersama, acara dilanjutkan dengan nonton bareng film inspirasi – Laskar Pelangi. Sesuai dengan kondisi dimana mereka belajar, akan di visualisasikan oleh film yang didasari dari novel best seller, Andrea Hirata. Mereka sangat antusias dan terbilang cukup serius dalam menonton. Dengan fasilitas seadanya, film diputar.. drop..tiba – tiba mati listrik.

Listrik kembali menyala dan dilanjutkan keseruan dari laskar pelangi. Banyak yang bisa kita ambil hikmahnya dari film garapan riri riza itu. Diantaranya, semangat Lintang untuk belajar di SD Muhammadiyah. Ia bersepeda sangat jauh dan berhadapan dengan buaya tiap harinya. Dan ia smart. Siswa/i MTS An-nur pun demikian, mereka lumayan jauh walaupun ada yang dekat jarak rumahnya ke sekolah. Mereka berjuang demi pendidikan. Semoga tercapai citamu.

Asik nonton film :)
Asik nonton film 🙂

Film pun usai. Acara hari kedua alhamdulillah sukses terlaksana dengan harapan bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Gunung Batu III. Murid-murid kembali pulang kerumahnya masing-masing. Dan sampai bertemu esok ya 😀

Bersambung di postingan Berbagi Bersama – Part III.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s