Kuliah Berkualitas Kini Gratis

motivasi-belajar-dari-kesalahan

Kuliah. Satu kata yang identik dengan dunia pendidikan tinggi berbalut biaya mahal dan mungkin hanya dapat dinikmati oleh segelintir kalang

an ‘borjuis’ alias berduit. Di Indonesia, ungkapan seperti itu benar. Saya pun merasakannya. Ketika kekurangan biaya untuk membayar pendidikan di perguruan tinggi, harapan untuk melanjutkan studi pun ikut pupus terbawa pikiran negatif tersebut. Namun, itu beberapa tahun yang lalu. Kini berbeda, walaupun bisa dikatakan masih.

Apa yang membedakannya?

Dahulu, perkuliahan mentok diminati melalui media Perguruan Tinggi Namun, sekarang di era digital perkuliahan tak hanya melalui face to face between stundent and lecture, but online. Internet memberikan kebebasan bagi siapa saja yang ingin memanfaatkannya dengan baik. Tak melihat apakah ia kalangan bawah, menengah atau atas. Hal belajar mengajar pun dapat dilakukan di internet. Ini disebut dengan istilah kuliah online. Hmm..itu masih berbayar. Gratisnya?

Silahkan dicoba search di om google “free online lectures” pasti akan banyak hasil yang mengarahkan ke video materi-materi kuliah gratis.  Diantara sekian banyaknya situs yang memberikan kuliah gratis, ada banyak juga yang berbobot. Misalnya Universitas Harvard – USA, Massachusetts Institute of Technology (MIT) – USA,  Indian Institute of Technology Madras – India, dan lain sebagainya. Sebenarnya kalau kita mau berusaha dan elajar lebih giat lagi pasti akan bisa mengalahkan orang-orang yang kuliahnya di kampus-kampus ternama dengan biaya mahal. Don’t worry. Untuk lebih banyak lagi info free lectures silahkan klik ini.

Menurut saya, yang terpenting dari semua ini adalah bukan dimana tempat kita belajar tapi seberapa kuat keinginan kita untuk belajar.

Dalam bidang keilmuan yang saya tekuni, yakni Teknologi Informasi, banyak kesulitan yang saya temui dalam mencari bahan atau materi-materi berkualitas yang berbahasa Indonesia. Maka, tidak ada pilihan lain selain mencari dari luar negeri. Dan terpenuhi, tinggal dipelajari dan action.

Selamat belajar. selamat termotivasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s