Jakarta Baru | Hidup Baru ?

Map-Jakarta-Baru

Sesosok wanita tua dan lelaki lemah duduk diam mendengarkan dengan seksama nama berikutnya yang akan dipanggil. Tertib antri dan nyaman. Itulah gambaran puskesmas Jakarta kini. Penuh perubahan.

Jakarta dibawah kepemimpinan gubernur baru asal kota ramah, Solo, Jawa Tengah, Bapak Joko Widodo dan pasangannya Basuki Tjahaja Purnama telah berubah menjadiย lebih baik meski tidak derastis. Hal itu dapat dirasakan oleh warga Ibukota 1 tahun kepemimpinan mereka. Banyak perubahan dimana-mana, mulai dari pelayanan masyarakat, kesejahteraan warga, kesehatan, pendidikan dan birokrasi pemerintahan. Setahap demi tahap perlahan berubah menjadi lebih baik.

Warga Jakarta memang sudah lama bermimpi dapat hidup di era saat ini, penuh dengan “pelayanan memuaskan” dari pemerintahnya. Tak dapat diragukan lagi, semua ini berkat gebrakan pak Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi. Terima kasih pak !.

Perubahan yang paling mudah untuk bisa diambil contoh, yaitu dibidang pelayanan kesehatan. Warga Jakarta yang kurang mampu kini tak usah semakin pusing jika ingin berobat. Dahulu berobat merupakan sesuatu yang bisa diakses oleh kalangan “borjuis”, tetapi kini siapa pun bisa mengakses pelayanan ini dengan baik dengan syarat mempunyai KTP DKI Jakarta. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi tempat terbaik untuk berobat di Jakarta baru ini. DKI Jakarta menganggarkan hampir 1 triliun untuk bidang kesehatan merupakan langkah baik.

Kalau bicara saja mungkin sulit dipercaya, tapi saya langsung buktikan.

Beberapa waktu yang lalu saya sakit gigi, gigi yang dahulu saya tambal sekarang rusak tambalannya atau bolong lagi. Saya memutuskan untuk pergi periksa ke dokter gigi di puskesmas. Hampir setiap puskesmas ada dokter gigi sendiri, keren kan ! :D. Ketika itu saya di puskesmas Mampang Prapatan, Jaksel. Saya dahulu juga pernah di periksa di dokter gigi praktik di rumahnya (sebelum puskesmas ada dokter gigi) dan biayanya mahal !. Ketika itu saya cabut gigi, tau biayanya berapa? Saya lupa, yang pasti mahal hahaha.

Namun, di puskesmas semua perawatan, obat, dan pencabutan adalah gratis tanpa sepeserpun keluar untuk membayar biaya pengobatan. Cukup dengan memberi fotokopi ktp DKI pada saat registrasi dan membayar tagihan.

Di atas semua kemudahan dan kebaikan pelayanan kesehatan yang dialokasikan oleh pemerintah DKI Jakarta, ada satu hal yang perlu dititik beratkan, yaitu warga DKI gampang ke puskesmas. Artinya sakit sepele seperti gejala flu, pusing, demam ringan yang semestinya bisa dirawat dirumah alias tanpa ke dokter, kini pergi ke puskesmas. Jadi, sakit sedikit langsung ke puskesmas. Hal inilah salah satu penyebab mengantrinya di puskesmas. Memang tak bisa dilarang, ini adalah hak setiap warga untuk berobat. But,ย over all now Jakarta better than before.

Selain kesehatan, bidang pendidikan pun tak kalah berubahย menjadi lebih baiknya. Bagi warga Jakarta yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi tak usah ragu atau khawatir mengenai biaya pendidikan. Sudah ditanggung pemerintah melalui program Jakarta Pintar. Namun, Kartu Jakarta Pintar hanya bisa dipergunakan sampai bangku SMA. Kalau kuliah tidak bisa tapi ada bantuan pendidikan lain lagi untuk kuliah, so don’t worry to get your best study.

Perubahan juga dilakukan di bidang transportasi. Minggu lalu, tepatnya tanggal 16 Oktober 2013, Pak Jokowi baru saja meresmikan pembangunan kembali MRT dan Monorail Jakarta. Mudah-mudahan sukses pembangunannya dan selesai tepat waktu – 2016 ! haha

Jakarta dengan begitu banyak perubahan yang diusung, semoga saja tak hanya berhenti sampai masa kepemimpinan Jokowi, melainkan bisa diteruskan oleh pemimpin Jakarta selanjutnya apabila Jokowi sudah tak menjabat DKI-1. Semua program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik melalui bantuan semua elemen masyarakat jakarta mulai dari pemerintah, dewan rakyat dan rakyat itu sendiri. Dengan harapan Jakarta baru bisa hidup baru.

Perlu ditekankan, tulisan ini bukan bagian dari pencitraan atau kampanye suatu pihak, melainkan kepuasan dari seorang warga DKI Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s