Berbagai Beasiswa Kuliah ke Amerika Serikat

Untuk dapat menjadi bangsa maju di dunia, Indonesia berupaya meningkatkan kualitas sektor pendidikan. Salah satu cara peningkatan tersebut dengan mengirimkan putra-putri terbaik bangsa untuk belajar dari berbagai perguruan tinggi terbaik di dunia, salah satunya di Amerika Serikat. Banyak kerjasama telah dijalin Pemerintah Republik Indonesia dengan berbagai organisasi internasional dalam penyediaan bantuan dana berupa scholarship, fellowship, atau grant khusus kepada pelajar dari Indonesia untuk dapat belajar di universitas-universitas di Amerika Serikat. Berikut daftar program beasiswa khusus untuk WNI yang ingin belajar di Amerika Serikat:

LEMBAGA PENGELOLA DANA PENDIDIKAN (LPDP)

Kontak: pengaduan.lpdp@kemenkeu.go.id

Persyaratan: Pelamar harus telah menyelesaikan S1 atau S2 dan mendaftar langsung pada laman resmi LPDP.

Keterangan: Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.

AMERICAN-INDONESIAN EDUCATIONAL AND CULTURAL FOUNDATION (AICEF)

Kontak: (212) 972-1100 atau info@aicef.org

Persyaratan: Pelamar harus sudah diterima di program masters atau PhD ternama di Amerika Serikat.

Keterangan: AICEF memberikan bantuan dana maksimum $3.000 kepada mahasiswa Indonesia yang beperan aktif dalam pembelajaran, penciptaan, dan pembangunan layanan teknologi.

ASIA-PACIFIC LEADERSHIP PROGRAM (APLP)

Kontak: (808) 944-7744 atau aplp@eastwestcenter.org

Persyaratan: Peserta harus memiliki gelar setara sarjana (4 tahun pendidikan) dari perguruan tinggi ternama atau sarjana program percepatan (2 atau 3 tahun pendidikan) dengan telah mengikuti beberapa mata kuliah master. Peserta harus mendaftar ke University of Hawaii at Manoa. Peserta menanggung biaya transportasi dan biaya hidup.

Keterangan: Periode program selama 9 bulan termasuk 5 bulan intensif di University of Hawaii at Manoa dan 4 bulan projek lainnya (dilakukan di Hawaii atau lokasi lain).

 

EAST-WEST CENTER GRADUATE DEGREE FELLOWSHIP

Kontakscholarships@eastwestcenter.org
Persyaratan: Peserta harus sudah diterima sebagai mahasiswa di University of Hawaii at Manoa.
Keterangan: Menyediakan pendanaan untuk program masters (hingga 24 bulan) atau doktoral (hingga 48 bulan) selama mengikuti program East-West Center dan belajar di University of Hawaii at Manoa

EDUCATION FOR SUSTAINABLE ENERGY DEVELOPMENT (ESED) SCHOLARSHIP

Kontakscholarships@eastwestcenter.org
Persyaratan: WNI yang berencana mengambil studi di bidang energy terbaharukan (sustainable energydevelopment)

Keterangan: Beasiswa bertujuan untuk mendukung mahasiswa berprestasi yang ingin menekuni bidang energi terbaharukan (sustainable energydevelopment).

FULBRIGHT SCHOLARSHIP PROGRAM

Kontakinfofulbright_ind@aminef.or.id
Persyaratan: Telah menyelesaikan program studi sarjana (S1) dengan IPK min 3.00, diprioritaskan bagi anggota fakultas (dosen dan staf kampus) di seluruh Indonesia namun terbuka juga untuk umum. Memiliki nilai skor TOEFL institutional minimal 550.

Description: Terdapat berbagai beasiswa baik master atau doktoral, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik http://www.aminef.org

 

Seiji Masuda Endowed Scholarship in Public Policy for International Students

Kontak: Melinda.vanhemert@pepperdine.edu

Persyaratan: Pendaftar harus menyatakan keinginannya memperoleh beasiswa saat mendaftar ke kampus ini. Diperuntukkan bagi jurusan Public Policy dengan nilai IPK minimal 3.00.
Description: Didirikan pada 2004, the Seiji Masuda Endowed Scholarship in Public Policy for International Students ditujukan bagi mahasiswa internasional asal Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Cambodia, dan Brunei atas berdasarkan prestasi. Saat mendaftar, mahasiswa mencentang pertanyaan mengenai ketertarikan menerima beasiswa, selanjutnya apabila diterima di Pepperdine University akan diberitahu oleh pihak kampus.

AMERICAN INSTITUTE  FOR INDONESIAN STUDIES (AIFIS) HENRY LUCE FOUNDATION GRANTS

Kontak: Email aifisfellowships@gmail.com

Persyaratan: Khusus untuk WNI. Memiliki gelar PhD atau pengalaman profesional sederajat (post-doc) atau sedang mengambil gelar PhD atau gelar profesional sederajat(pre-doc). Kandidat doktoral harus telah memenuhi persyaratan Ph.D. kecuali disertasi.

Keterangan: Dana pendidikan ini khusus untuk mahasiswa doktoral dan peneliti post-doktoral berkewarganegaraan Indonesia dan ingin melakukan risetnya di Indonesia. Dana pendidikan diberikan untuk riset pada bidang contemporary and traditional Indonesian Studies, dengan prioritas utama ilmu pengetahuan dan teknologi, pemberdayaan wanita, ketahanan pangan, dan studi mengenai Islam atau hubungan Indonesia dan Amerika Serikat.

 

ASIA-PACIFIC LEADERSHIP PROGRAM (APLP)

Kontak: (808) 944-7744 or aplp@eastwestcenter.org

Persyaratan: Memiliki gelar sarjana (S1) dari universitas terkemuka dan mendaftar langsung ke University of Hawaii di Manoa yang sesuai dengan program. Peserta menanggung biaya perjalanan sendiri.

Keterangan: Program berdurasi 9 bulan termasuk 5 bulan intensif di University of Hawaii di Manoa dan 4 bulan proyek.

 

EAST-WEST CENTER GRADUATE DEGREE FELLOWSHIP

Kontakscholarships@eastwestcenter.org

Persyaratan: Harus sudah terdaftar/diterima sebagai mahasiswa di University of Hawaii di Manoa

Keterangan: Menyediakan pendanaan untuk program master (hingga 24 bulan) atau program doktoral (hingga 48 bulan) selama mengikuti program the East-West Center dan terdaftar di University of Hawaii at Manoa

 

INDONESIAN SCHOLARSHIP AND RESEARCH SUPPORT FOUNDATION (ISRSF) ARRYMAN FELLOWS

Kontakinfo@isrsf.org
Persyaratan: WNI, berusia di bawah 35 tahun. Memiliki gelar sarjana (s1) dan master (s2) dengan prestasi membanggakan. Skor iBT TOEFL minimal 55 (dengan masa tes maksimal 2 tahun terakhir).

Keterangan: Penerima Arryman Fellows akan menghabiskan 1 tahun melakukan riset, kursus Bahasa Inggris intensif, dan megambil kelas master sebagai persiapan studi doktoral. Setelahnya peserta telah memenuhi syarat menerima dana pendidikan 6 (enam) tahun dari ISRSF sebagai Arryman Scholars untuk mengambil gelar PhD di Northwestern University, Chicago, Amerika Serikat.

 

USINDO

Kontaksumitro@usindo.org

Persyaratan: WNI.

Keteranan: Ada berbagai program beasiswa dan bantuan dana pendidikan atau dana riset yang ditawarkan oleh The United States-Indonesia Society (USINDO). Untuk lebih lengkap dapat mengunjungi laman USINDO.

 

USINTEC DOCTORAL SANDWICH PROGRAM

Kontak: rudge.5@osu.edu

Persyaratan: Mahasiswa doktoral. Program ini bertujuan sebagai sisipan antara perkuliahan doktoral dan disertasi

Keterangan: Program berlangsung selama 4 bulan di universitas-universitas USINTEC di Amerika Serikat. Program bertunjuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk melakukan riset doktoral.

 

USINTEC PAR (PROGRAMS OF ACADEMIC RECHARGING) B AND C

Kontakrudge.5@osu.edu
Persyaratan: Memiliki gelar doktoral (s3) atau pengalaman profesional yang sederajat

Keterangan: Program berlangsung mulai dari 14 hari-4 bulan. Program diperuntukan bagi  adminsitrasi kampus,profesor, dosen senior, dan dosen lainnya yang memiliki gelar doktoral dengan pengalaman profesional pengembangan pendidikan di luar negeri.

AU EMERGING GLOBAL LEADER SCHOLARSHIP FOR INTERNATIONAL STUDENTS (AU EGLS)
Kontakintadm@american.edu

Persyaratan: Siswa SMA/SMK yang akan melanjutkan kuliah pada musim gugur tahun berikutnya. Dikhususkan bagi calon mahasiswa internasional yang membutuhkan dan mewakili keberagaman sosial-ekonomi.

Keterangan: Program beasiswa ini menanggung biaya pendidikan penuh, biaya lain-lain, akomodasi. Beasiswa dapat diperpanjang selama masa kuliah 4 tahun, berdasarkan prestasi yang ditunjukan. Beasiswa tidak berlaku bagi pemegang paspor AS atau PR AS.

IIE STUDY AMERICA: THE UNDERGRADUATE PROGRAM

Kontakstudyamerica@iie.org

Persyaratan: Siswa kelas 12 atau 3 SMA/SMK atau mahasiswa tahun pertama atau kedua yang berminat untuk  transfer dan menyeselaikan studi s1 mereka di AS. Peserta haru memasukkan skor TOEFL dan SAT.

Keterangan: Peserta akan dipilih oleh komite seleksi di masing-masing negara.
Sumber : Konsulat Jendral Republik Indonesia, New York, United States of America.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s