Menjadi Tamu Pendidikan di Negeri Beruang Merah (Bagian I)

привет ! (baca: priviet! ; arti: halo). Yup itu adalah satu kata yang dasar dalam bahasa Rusia, salah satu bahasa tersulit di dunia dengan penutur kata terbanyak ke-8 di dunia. Alhamdulillah saya merupakan salah satu penerima beasiswa pemerintah Federasi Rusia tahun 2016, masih hangat alias terupdate !. Saya melanjutkan pendidikan master (S2) di Peter The Great Saint Petersburg Polytechnic University di kota Saint Petersburg. Jurusan saya Intelligent Systems. Ya meskipunbelum mulai perkuliahan, setidaknya saya bisa berbagi pengalaman bagaimana saya bisa sampai disini, mumpung belum sibuk dan lupa. Tulisan ini bukan semata untuk pamer atau sombong, melainkan supaya mempermudahkan akses informasi tentang beasiswa dan tata caranya. Perlu di ingat juga, ini bukan official information ya.

Lomonosov Moscow State University

Dalam postingan kali ini saya lebih berbagi secara detail mengenai step-by-step atau langkah-langkah untuk menempuh pendidikan di Negara terbesar di Dunia ini dengan jalur beasiswa Pemerintah Federasi Rusia. Panduan yang saya berikan dibagi menjadi3 bagian. Bagian pertama menjelaskan persiapan sebelum apply sampai pengumuman beasiswa. Bagian kedua, pengumuman sampai persiapan keberangkatan.Bagian ketiga, setibanya di Rusia. Untuk alasan kuliah dan perjuangan mendapatkan beasiswa ini saya tulis di lain judul, supaya komprehensif penjelasannya.

Sebelum saya share tentang langkahnya, kita tau dulu seperti apa beasiswa ini. Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia disediakan untuk S1, S2, dan S3 serta Spesialisasi. Beasiswa ini meng-cover biaya pendidikan dan fakultas persiapan bahasa selama satu tahun. Biaya hidup, asuransi, asrama, dan lainnya disiapkan oleh penerima beasiswa melalui sponsor atau pribadi. Jadi, berbeda dari beasiswa lainnya yang sudah membuat kita nyaman dan tak perlu repot memikirkan masalah biaya, kita hanya perlu belajar saja. Namun, percayalah teman-teman Rusia negara yang cocok untuk menempa mental kita. Kita dituntut belajar dan menghidupi diri. Jikalau teman-teman tidak siap, dilarang apply beasiswa ini karena sesungguhnya Rusia itu keras.

Kalau sudah kuat baiklah, kita langsung action.

Langkah awal !

Langkah pertama ini adalah proses pencarian informasi. Informasi mengenai beasiswa Rusia memang tidak se-membahana beasiswa chevening, fullbright, australia awards dan LPDP. Pemerintah Federasi Rusia seakan “pelit” dalam distribusi informasi ini.

Setiap tahun, pemerintah Federasi Rusia membuka pendaftaran untuk program kuliah berbeasiswa di
Rusia. Program beasiswa dibuka untuk jenjang S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), Spesialis (5 tahun) dan
didahului dengan program bahasa Rusia di Fakultas Persiapan selama 1 tahun (gratis bagian dari program beasiswa). Selain program tersebut, juga terdapat program pelatihan selama 3, 5, 10 bulan sesuai dengan spesialisasi yang aktif ditekuni, misal untuk dosen, guru atau profesional. Untuk program pelatihan ini, tidak terdapat kuliah bahasa Rusia, dan diandaikan pendaftar cukup memahami kata-kata khusus di bidang yang akan ditempuh. Tahun 2014, tercatat sekitar 125 mahasiswa dan tahun 2015, tercatat sekitar 119 mahasiswa Indonesia yang berangkat kuliah, tersebar di berbagai kota di Rusia. Tahun 2016, Insya Allah sekitar 155 calon mahasiswa berangkat (terbanyak selama 19 angkatan penerima

Biasanya pendaftaran dibuka awal tahun, sekitar bulan Januari dengan durasi persiapan aplikasi dan berkas sekitar satu bulan, jadi Febuari sebagai deadline aplikasi.

Langkah Kedua !

Siapkan dokumen persyaratannya. Apa saja sih dokumen persyaratannya? Dokumen ini sebagian besar sama dengan persyaratan beasiswa lainnya.

  1. Application Form
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip nilai yang dilegalisir oleh SMA / SMK / Perguruan Tinggi.
  3. Nilai minimum ; S1 : Ujian Sekolah 8.0 dengan usia maksimum 25 tahun. Pendaftar S2, IPK Minimal 3,20. Pendaftar S3, harus lulus S2 dari universitas di Rusia.
  4. Fotokopi medical certificate terbaru yang dilegalisir oleh klinik atau RS yang menerbitkan. Medical Certificate meliputi Kesehatan Umum, HIV, Narkoba dan TBC.
  5. Print / Copy berwarna Passpor.
  6. Fotokopi akte kelahiran yang dicap notaris / disdukcapil
  7. Pasfoto bewarna 4×6 dengan latar belakang putih, 10 lembar.
  8. CV, Motivation Letter dan Rencana Penelitian dalam bahasa Indonesia 2 – 5 halaman A4.
  9. Surat Permohonan pengesahan dokumen.
  10. Proposal penelitian dalam bahasa Rusia maksimal 2 halaman, untuk pendaftar S2/S3 lulusan Rusia.  Proposal penelitian dalam bahasa Inggris/ Rusia maksimal 2 halaman, untuk pendaftar program Pelatihan.
  • Saya akan berikan link download lengkap informasi beasiswa dan contoh formulir aplikasinya pada akhir tulisan ini.

passportLangkah kedua ini memakan waktu yang cukup lama khususnya dalam proses medical certificate. Format surat kesehatan sudah disediakan oleh kedutaan, jadi tinggal ikuti saja. Pada saat proses medical certificate, saya proses di Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih, Jakarta. Prosesnya memerlukan sekitar 3-4 hari untuk rampung semua persyaratan. Biaya yang saya keluarkan cukup murah dibanding teman – teman lainnya yang proses di Rumah Sakit lain, sekitar Rp 320.000 untuk semua (HIV, TBC, Narkoba dan surat keterangan sehat). Oiya, untuk efisiensi keperluan medical certificate, jika kamu mau apply LPDP juga, sebaiknya gunakan Rumah Sakit Pemerintah, jangan swasta ataupun klinik, biar cukup satu kali saja.

Pengisian aplication form bisa mengikuti contoh yang saya berikan. Yang harus diperhatikan dalam pengisian formulir adalah pemilihan universitas dan jurusan. Jangan sampai salah, jangan memilih kampus yang tidak ada jurusan yang diinginkan, riset lah yang mendalam tentang poin ini.

Pembuatan passpor bisa googling ya sob. Sekarang sudah mudah dan cepat, hanya butuh 3 hari saja. Tapi ingat, datang sekitar jam 6 pagi ke Imigrasi. Selebihnya Insya Allah bisa di lengkapi sendiri.

Berdasarkan pengalaman saat saya mengajukan beasiswa ini, semua diserahkan langsung ke Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta dalam map dengan warna sesuai jenjang pendidikan sebanyak dua rangkap. Bagi wilayah Jakarta langsung aja datang ke kantornya.

Pusat Kebudayaan Rusia

Jalan Diponegoro No.12 Menteng Jakarta Pusat 10310 INDONESIA

Periksa dahulu sebelum diserahkan, jangan sampai ada satu saja persyaratan yang terlewat karena sangat mempengaruhi keputusan untuk masuk tahap Interview.

Berkas sudah dikirim. Lantas bagaimana? Kita lanjut langkah selanjutnya.

Langkah Ketiga

Bulan Maret atau satu minggu setelah penutupan pendaftaran akan dihubungi melalui telepon oleh pihak PKR untuk datang interview. Wawancara dilakukan bisa diruangan direktur atau ruang lainnya. Sebaiknya datang lebih awal untuk merapihkan pakaian dari deruuu Jakarta, biar kece hehe. Ngobrol saja dengan peserta lain sambil menunggu giliran wawancara sambil berdoa dan bersholawat tentunya. Terus, Pertanyaannya apa aja ya bro?

Setiap orang akan di tanyai dengan pertanyaan yang berbeda-beda, tapi sebagian besar mengacu pada pertanyaan seperti ini..

  1. Alasan memilih Rusia
  2. Apa yang diketahui tentang Rusia
  3. Rusia memiliki musim yang ekstrem. Bagaimana kita menghadapinya?
  4. Jurusan yang diambil
  5. Bagaimana dukungan finansialnya, dan lainnya

Wawancara tersebut menggunakan bahasa Inggris, terkadang Indonesia. Kalau bisa bahasa Rusia, jauh lebih baik.

Langkah Keempat.

Serahin berkas persyaratan sudah, interview sudah, sekarang tinggal menunggu pengumuman lolos. Inilah waktu dimana kita menunggu lama dalam sesi pertama (setelah lolos nanti kita nunggu lama lagi hehe). Sekitar bulan Juli pengumuman penerimaan beasiswa Rusia diumumkan melalui email. Cek secara berkala email kalian, atau tanyakan kepada pihak PKR apakah pengumuman kelulusan sudah atau belum. Jangan sampai seperti saya yang amsyong haha

Dan akhirnya. SELAMAT ATAS DITERIMANYA SEBAGAI PENERIMA BEASISWA RUSIA 2017. Selamat berjuang dan semoga berhasil !. Silahkan bertanya kalau masih ada yang bingung dari postingan bagian pertama.

Nantikan Bagian Keduanya tentang Setelah Pengumuman kelulusan. 🙂

Informasi dan Formulir

Advertisements

5 thoughts on “Menjadi Tamu Pendidikan di Negeri Beruang Merah (Bagian I)

  1. Ka, saya tahun ini mau apply beasiswa rusia untuk s1
    Yang saya mau tanyakan. Kemarin kan aku habis medical check up. Apa hasil laboratorium nya harus dalam bahasa inggris?

    • Halo mega.

      Ada format yg telah di sediakan oleh pihak Pusat Kebudayaan Rusia untuk medical certificate, format itu bisa kamu minta ke PKR secara langsung dengan email beasiswarusia@gmail.com atau donlod aja file yg ada di bagian akhir tulisan “informasi dan formulir”.

      Kalau hasil lab bs bagus jika dalam bahasa Inggris, tp yg terpenting sesuai format yg diminta..

      • Hallo ka, tadi alhamdulillah aku sudah apply beasiswanya
        Waktu kaka daftar nya masih lewar dubes atau online?
        Karna tadi saya lewat online. Terus yang saya mau tanyakan, setelah mengirim berkas dalam sofcopy apakah sudah selesai?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s