Question & Answer Kuliah di Rusia

Tanpa bermaksud melangkahi Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA), dikarenakan ada beberapa calon mahasiswa yang akan berangkat ke Rusia tahun ini dan bertanya secara pribadi. Oleh karena itu, tulisan ini dimuat. Semoga pertanyaan atau keraguan yang masih ada dapat terjawab dan semakin memantapkan niat untuk melangkah ke Negeri Beruang Merah.

Pertanyaan-pertanyaan ini ditanyakan oleh teman-teman yang lolos seleksi Beasiswa Rusia tahun ini. Perlu diketahui sebelum Q&A ini, kebijakan pendidikan di Rusia berbeda-beda tergantung universitas. Jadi jangan kaget kalau antar universitas dalam satu kota memiliki kebijakan yang berbeda.

● Berapa uang bulanan yang dikasih dari pemerintah rusia tiap bulannya ?

Subsidi berupa monthly stipend / uang bulanan besarnya bervariasi mulai dari 1800 – 5000 Rubel.

● Diperbolehkan kah awardee untuk membawa istri/suami?

Silahkan membawa pasangan. Perihal prosedurnya silahkan kontak langsung konsuler Rusia di Jakarta.

● Sebagai pelajar, apakah di Rusia diperbolehkan untuk bekerja part-time seperti berbisnis? Dan biasanya apasih contoh kerja part-time yang biasa di lakukan pelajar di Rusia?

Pada dasarnya kerja di part time tidak jadi masalah, ada beberapa mahasiswa asing yang bekerja disini. Akan tetapi yang jadi masalah adalah kefasihan kita dalam berkomunikasi dalam bahasa rusia dan waktu yang tersedia. Pernah ada mahasiswa indonesia yang bekerja, dia sulit mengatur waktu alhasil kuliah jadi berantakan. Bukankah itu bukan tujuan kita keluar negeri?.

Namun, ada beberapa kasus tentang mahasiswa yang bekerja part time. Beberapa kampus memiliki peraturan yang sangat ketat, apabila ketauan mahasiswa tersebut bekerja maka ia bisa di deportasi. Akan tetapi, kampus sering ada kegiatan dan butuh volunteer. Bisa apply volunteer dan dapat sedikit tambahan. Untuk mahasiswa S2 atau S3 bisa jadi research assistant professor. It’s a paid legal job.

Saran kami, jika ingin berpenghasilan selama kuliah. Bisa di lakukan di online dengan aktif bekerja sebagai freelancer. Cari sendiri yah info freelancernya.

 

● Untuk asrama, berapa bayarannya per bulan?

Kembali ke kebijakan kampus. Kami di Saint Petersburg Polytechnic University biayanya 1000 Rub/bulan. Di moscow lebih mahal. Namun, kalau kalian diterima kampus di kota-kota yang tidak terlalu besar seperti perm. Biaya asrama hanya 60.000 IDR per bulan dengan fasilitas sangat baik. Gokil!

● Sekiranya berapa biaya hidup dan tempat tinggal di Rusia nanti?

Biaya hidup sangat tergantung pada dua hal, yaitu kota dan gaya hidup. Tiga kota termahal di Rusia; Moscow, Saint Petersburg dan Vladivostok. Setidaknya perlu menyiapkan biaya sekitar 6200 Rub /bulan sudah termasuk asrama, makan masak sendiri, transportasi, internet dan makan sesekali di restoran china dengan menu termurah.  Kami hidup di Saint Petersburg.

Biaya tersebut untuk satu orang. Kalau mau trik berhemat, ajak teman sekamar untuk hidup bersama dalam artian patungan beli bahan makanan.

● Besaran subsidi apa yang dimaksud sebesar 2000 rubel? Apakah subsidi untuk biaya bulanan atau untuk asrama? Jika untuk biaya hidup, besarannya ditentukan oleh apa?

Subsidi 2000 Rub itu termasuk seluruhnya. Kita sebagai penerima bebas pakai uang itu untuk apapun, kami biasanya untuk membayar asrama.

● Kalau asrama / tempat tinggal mulai kapan urusinnya dan bayarnya? Apakah di bantu pihak pkr atau langsung ke universitas masing-masing saja?

Sejak awal tiba di kota kampus kita sudah mengurusnya tanpa dibantu oleh PKR. Jangan khawatir, nanti dibantu teman-teman PERMIRA untuk pengurusannya.

● Untuk asuransi kesehatan apakah wajib bagi penerima beasiswa?

Wajib. Pihak kampus akan mengarahkan untuk membayar asuransi dimana, biasanya Rumah Sakit mitra kampus. Saat itu, saya di SPBSTU membayar 6000 RUB selama setahun. Asuransi itu digunakan untuk medical check up ketika daftar kuliah, sakit dikemudian hari. Obat tidak termasuk.

● Berapa visa pelajar/non pelajar setahun di rusia?

Visa pelajar sekitar 2000 RUB / tahun.

● Apakah untuk pengajuan visa harus ada minimal saldo di tabungan bank? Kalau ada berapa?

Tidak. Tidak ada tabungan di bank manapun tidak jadi masalah hehe

● Dari awal daftar sampai disana, sudah habis berapa Rupiah?

  • Translasi dan legalisasi dokumen 6.200.000 IDR (bahasa Rusia)
  • Translasi dan Legalisasi dokumen asli (bahasa Inggris) 800.000 IDR
  • Tiket pesawat JKT – DME 4.300.000 IDR
  • Visa Single Entry 50 USD

● Apakah di tahun sebelumnya ada yang dpt sponsor full ataupun donatur dari perusahan2, instansi dll di indonesia?

Ada. Mahasiswa dari tanah papua dapat beasiswa full dari PT. Freeport Indonesia.

● Ohiya, adakah saran kakak untuk pengajuan sponsorship?

Buat proposal pendidikan semenarik mungkin. Sebarkan dan follow up ke Pemerintah Daerah, BUMD, BUMN, lembaga kemanusiaan / yayasan pemberi beasiswa.

● Untuk s2 dan s3 apakah bisa dibantu juga oleh LPDP? Kalau bisa, bagaimana mekanismenya?

Memang hampir tiap tahun mahasiswa S2 dan S3 diberikan beasiswa dari LPDP melalui skema Beasiswa Afirmasi. Namun, sudah dua tahun belakangan ini program tersebut tidak berjalan lagi. Mahasiswa tahun lalu dan sekarang belum dapat mengajukan beasiswa afirmasi ini.

Mekanismenya dibantu melalui KBRI Moscow dengan melampirkan persyaratan yang sama di guideline LPDP.

● Dengar-dengar S1 boleh memakai Beasiswa Unggulan juga ya? Apakah itu benar?

Berdasarkan rilis dari KEMENDIKBUD dapat mengajukan BU asalkan memenuhi kriteria mereka. Proses pengajuannya pun mengikuti skema umum.

● Kira-kira untuk biaya nanti kedatangan di Rusia berapa ya? Seperti beli baju, jaket, dan sepatu untuk musim dingin dll.

Untuk bulan pertama siapkan 15.000 RUB. Biaya itu bisa dikurangi dengan beberapa trik diantaranya ;

  • Beli beberapa perlengkapan musim dingin di Indonesia seperti Long John, Sarung Tangan, Kaos Kaki. Jaket dan sepatu lebih baik beli di Rusia. Lebih murah dan lebih sesuai jenis bahan yang dibutuhkan. Namun, tetap bawa jaket yang cukup tebal untuk tiba pertama kali di Rusia karena sangat dingin bagi kita orang Indonesia yang belum pernah ke negara dingin.

● Terkait dengan penjemputan ke universitas, beberapa univ misal FEFU jaraknya cukup jauh, apakah biayanya akan sama? Bagaimana mekanisme nya setelah mahasiswa berkumpul di Moscow?

Pihak kampus tidak melayani penjemputan. Penjemputan akan dibantu tim dari divisi penjemputan PERMIRA, so don’t worry. FEFU karena lokasinya sangat jauh dari Moscow dan berlaku bagi wilayah Rusia Timur, tidak perlu ke Moscow. Kamu langsung saja ke vladivostok atau rostov.

● Kalau sudah sampai di Rusia, kita kan diwajibkan untuk tes kesehatan lagi tuh, itu yang akan di tes apa saja? Dan biayanya berapa?

Iya sebagian besar medical check up. Bagian yang dicek diantaranya Paru-paru (TB), Urin dan kotoran (Narkoba) dan darah (HIV/AIDS dan Malaria). Biayanya sudah termasuk di asuransi kesehatan yang dibayar 6000 RUB.

● Sekiranya, dokumen penting apa saja kah yang harus dibawa ke Rusia?

Konfirmasi ke kampus, tanyakan perlu membawa dokumen apa saja.

Sebagian besar ada tiga kelompok dokumen yang kami bawa tahun lalu. Bisa di cek di tulisan berikut https://fajarah.wordpress.com/2016/12/22/menjadi-tamu-pendidikan-di-negeri-beruang-merah-bagian-ii/

● Bagaimana untuk yang beragama muslim, apakah susah untuk mencari makanan halal?

Gampang kok, tenang aja. Ada restoran halal juga disini. Di supermarket harus jeli ketika membeli daging atau sosis. Harus baca itu daging babi, daging campuran babi dan sapi atau daging sapi.

Restoran dengan menu ayam juga banyak, contohnya restoran China (murah dan banyak porsinya haha).

● Untuk yang memakai hijab apakah ada rintangan tersendiri? Karena dengar-dengar orang Rusia sedikit rasis.

Tidak masalah. Teman-teman kami banyak yang berjilbab, dari negara Timur Tengah atau Indonesia sendiri dan hal itu tidak jadi masalah berarti. Rusia – Indonesia temenan haha

● Adakah pengaruhnya dengan ijazah dan beasiswa? Semisal nilai saya di rapot diatas 8 semua, tetapi saat ijazah keluar nilai saya tak sebagus di rapot. Apakah beasiswa akan ditarik?

Tidak ada. Ketika kamu sudah dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa Rusia, maka sudah dapat berangkat tahun ini. Supaya lebih kuat argumentasinya, silahkan konfirmasi ke PKR.

● Ohiya bagaimana untuk translate dokumen, berapa kisaran biaya yang dikeluarkan kemarin? Dan bagaimana siasatnya agar translate dokumen bisa lebih murah?

Translate dokumen ke bahasa Rusia sudah dari PKR yang mengurus.

● Apakah benar orang Rusia itu dingin, tidak peduli orang asing, rasis, dan keras?

Siapa bilang? haha

Teman kami dari Rusia mereka menyenangkan kok kalau kita sudah mengenalnya. Kalau masih belum kenal ya cuek, dingin, sama sih seperti kebanyakan orang kalau kita belum kenal. Namun, keras artiannya disini, orang Rusia memang memiliki watak keras, ngomongnya keras banget seperti sedang marah tapi tidak marah. Mereka juga tidak terlalu care dengan urusan orang lain.

● Perminggu berapa hari belajar intensifnya mas?

Senin –  Sabtu, jam 10 pagi – 15.00 siang. Termasuk hari jumat.

● Berapa lama normalnya di Fakultas Persiapan Bahasa?

8 – 10 Bulan.

● Apakah setelah lulus persiapan bahasa, kita di Tes lagi untuk masuk ke Universitasnya?

Tergantung universitas, ada yang langsung masuk tanpa tes, ada yang dengan tes.

● Dormitory yg kita sewa isinya se kamar berapa orang kak? apakah fasilitas alat alat memasak dan perlengkapan di kamar (kasur,meja,lemari) sudah tersedia?

2 – 4 orang. Kalau saya 3 orang dengan dua kasur bertingkat. Fasilitas : alat tidur (kasur, selimut, seprai, bantal), meja, kursi, lemari, dll. Semua bisa minta tambah apabila ketersediaan barang yang kita minta masih ada.

 

Bagi mau tau lagi tentang tanya jawab kuliah di Rusia ini, bisa di cek juga web resmi ppi rusia (permira) disini. Jika masih ada pertanyaan silahkan post di komen, nanti kami update pada postingan. Good luck !

Advertisements

9 thoughts on “Question & Answer Kuliah di Rusia

  1. Kak, kalau beli alat elektronik di sana spt hp dan laptop itu bagaimana kondisinya (harga, bahasa, kualitas)?

  2. kak, mau tanya. kalo saya ingin kuliah di rusia. daftar beasiswa dulu atau buat paspor sama visa dulu kak ? kebetulan saya masih kelas 11, jadi masih mudah untuk mempersiapkanya. terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s