7 Cara untuk Melihat Traffic Sebuah Website

Mengunjungi sebuah website tentunya sudah hal yang lumrah kita lakukan. Setiap kali kita terkoneksi ke internet, setiap kali itu juga kita mengunjungi website. Berdasarkan Internet Live Stats, lebih dari 1 milyar website online tiap harinya dan terus bertambah. Dan kita adalah salah satu pengunjung website tersebut, salah satunya kamu yang sedang membaca tulisan ini.

Ketika saya mengunjungi suatu website untuk pertama kalinya, saya melihat sesuatu yang lain. Tidak membutuhkan waktu lama saya berpikir tentang seberapa banyak website ini dikunjungi oleh orang lain juga? . Hal ini bisa menjadi nilai tambah yang mungkin akan memutuskan apakah saya akan langganan berkunjung ke website ini atau ngak. Selain itu, mengetahui jumlah traffic atau pengunjung juga bisa membantu saya dalam memvalidasi konten yang disajikan oleh website tersebut.

Memang sih tidak banyak pengunjung website yang aware terhadap salah satu aspek keberhasilan website go online ini, akan tetapi ini sangat berguna bagi kamu yang bergelut dibidang Search Engine Marketing (SEM) atau Search Engine Optimization (SEO). Berikut ini adalah 7 tools yang saya lakukan untuk mengetahui atau analisa traffic website.

  1. Alexa Ranking

Alexa ranking memang bukanlah metode umum untuk melihat jumlah traffic, Alexa lebih dikenal sebagai pemeringkat website. Inilah yang saya lihat ketika mengunjungi suatu website. Alexa melacak stats setiap orang yang menginstall Alexa toolbar di browser mereka, walaupun hanya 1% pengguna internet

alexa ranking

2. SEMRush.com

Tool ini sangat cocok untuk mencari traffic berdasarkan keyword. Semrush akan memberikan kamu banyak informasi mengenai ranking di search engine, seberapa banyak mereka mendapatkan traffic dari ranking tersebut, paid advertising, backlinks, website tetangga atau saingan, dan masih banyak lagi. kompas.com

Karena blog ini belum banyak trafficnya, saya pakai contoh kompas.com. Seperti dilihat pada screenshot diatas bahwasanya kompas.com memiliki Organic Search sebesar 66.1K dengan backlinks 1,6 juta links. Keyword pada mesin pencari juga menunjukan bahwa ketika pengunjung mesin pencari (dalam hal ini google) mengetik keyword “kompas”, maka kompas.com muncul di urutan nomor wahid. Ada bagian yang menarik di Semrush ini yaitu kita juga bisa mengetahui saingan website ini yang mengambil keyword serupa. Pada kasus kompas.com, mereka berada diurutan keempat setelah detik.com (95,5k), tribunnews.com (71,5k), dan liputan6.com (65,6k).

Selain dari itu, kamu bisa mengestimasi traffic yang akan didapatkan dari keyword  disearch engine berdasarkan posisi dan volume pencarian.

3. SimilarWeb.com

Similarweb adalah sebuah web untuk mengecek traffic sama seperti Alexa, tetapi akan dapat informasi lebih detail dan akurat.

 

Saya bisa melihat dengan jelas negara mana yang mengunjungi kompas.com. Selain fitur yang menarik di similarweb adalah referrals. Referral disini bukan ref di situs Paid to Click atau website mendapatkan uang lainnya ya, tetapi kita bisa melihat dari mana traffic yang kompas dapatkan dan kemana kompas memberikan traffic. Silahkan di explore sendiri yang pastinya berguna bagi kita yang sedang riset traffic.

 

4. Ahrefs.com

Ahrefs juga bisa disandingkan dengan tools lainnya untuk tracking website. Software ini menyediakan banyak informasi tentang traffic, seperti

  • New, lost and broken backlinks.
  • Domains sending the most traffic to a site.
  • Search engine rankings.
  • How much traffic a search engine ranking is getting a site.
  • Pages from a site getting the most traffic.
  • Membandingkan dengan kompetitor

5. AuthorityLabs.com

Yang satu ini berbayar tapi menyajikan layanan yang cukup bagus. Kita bisa melacak performa kompetitor. Hal ini bermanfaat untuk menetapkan langkah atau strategi apa yang akan selanjutnya diterapkan, terutama berkenaan dengan Search Engine Marketing.

6. Youtube atau Vimeo

Tool yang ini pasti sudah mengetahui atau bahkan jadi buah bibir. Jika suatu website memiliki youtube atau vimeo video, klik “watch on youtube”.

Jika video tersebut bersifat publik atau umum, kita bisa melihat statistik video tersebut dengan cara klik more – statistic.  Kemudian akan dimunculkan statistik video berupa traffic harian atau bulanan. Jumlah subscribe karena video tersebut juga bisa diketahui.  Namun, jika kamu menemukan video dengan traffic sangat banyak, bukan berarti website dari sumber video memiliki jumlah traffic yang serupa. Tapi itu bisa memberikan kita gambaran seberapa banyak traffic yang didapatkan.

 

7. Kolom Komentar dan Total Comment Count

Kolom komentar? Yap, bagi saya ini juga bisa dijadikan salah satu pengukur traffic suatu website. Cara ini hanya bisa dilakukan pada website yang membuka kolom komentar untuk pengunjungnya. Kita bisa melihat total komentar yang sudah di setujui oleh admin dalam website tersebut secara keseluruhan tulisan (bukan hanya satu tulisan).

 

 

Berbeda hanya ketika pemilik situs mempublikasikan lalu lintas yang mereka dapatkan. Tool – tool diatas akan sangat berguna jika kamu sedang mencoba membandingkan traffic antara kamu dan orang lain atau kompetitor.

 

That’s all. Terima kasih telah membaca dan mencoba. Jika ada cara lain yang tidak disebutkan diatas, yuk berbagi di kolom komentar.

 

Advertisements

One thought on “7 Cara untuk Melihat Traffic Sebuah Website

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s