Pengalaman Sertifikasi Oracle Certified Associate Java

OCA JAVASetelah melalui perjuangan yang cukup panjang, akhirnya saya berhasil juga mendapatkan sertifikat OCA (Oracle Java Associate). Congratulation for me! Proses pembelajaran yang dilalui dan screening sebelum test itulah yang bikin seneng ketika melihat hasil kelulusan. Well, saya akan sedikit cerita bagaimana saya meraih sertifikasi itu.

Sertifikasi Java ini sebenarnya ada tingkatannya, yaitu OCA, OCP (Oracle Certification Professional), dan OCM (Oracle Certification Master). Untuk lebih jelasnya, silahkan klik link ini. Dikarenakan saya belum punya sertifikasi java apapun, maka saya ambil OCA. OCA sendiri pun dibagi lagi jadi dua berdasarkan versi Java, ada yang Java SE 7 dan Java SE 8. Saya mengikuti Java SE 7 karena memang sebenarnya perbedaan antar versi di Java itu tidak terlalu signifikan.

Lantas, ngapain saya ambil sertifikasi Java ini? Mahal juga kan harga ujiannya sekitar 2,4 juta per sekali exam (04/08/2017). Perusahaan tempat saya bekerja mewajibkan karyawannya untuk punya sertifikasi Java dan Oracle Database. Jadi saya dibayarin untuk ujiannya, tapi jikalau gagal maka ujian kedua dan seterusnya menggunakan kocek pribadi. Harus serius nih dalam hati bilang. Kalau mau info detail tentang OCA JAva SE 7 Exam klik disini, informasi tentang sertifikasi oracle lainnya klik disini.

Untuk mendapatkan OCA, saya harus menguasai beberapa objectives :

  1. Java Basics
  2. Java Data Types
  3. Operators and Decision Constructs
  4. Creating and Using Arrays
  5. Using Loop Constructs
  6. Method and Encapsulation
  7. Inheritances
  8. Handling Exception

Pertanyaan ujiannya random, walau ada dua peserta yang mengikuti ujian secara bersamaan, pasti berbeda-beda. Kebetulan saya ujian bersama dengan teman saya (alhamdulillah dia lulus juga), kita berdua sama sekali ngak ada soal yang sama. Dan memang ga ada waktu untuk menoleh ataupun bertanya. Help your self lah istilahnya. Waktu yang diberikan sekitar 150 menit dengan 70 soal.

Saya test di kantor Brainmatics yang sudah kerjasama dengan official certificationnya, yaitu PersonVue. Brainmatics hanya menyediakan ujian OCA pada hari jumat setiap minggunya, jam 9 pagi dan jam 13.30 siang. Sebelum mengikuti tes ada serangkaian proses administrasi yang harus kita lalui. Daftar ulang di sistem, foto, dan tanda tangan digital. Setelah itu kita baru ujian bisa dimulai. Saya sarankan, sebelum ujian semua yang mau dikeluarkan (buang air kecil/besar) sebaiknya segera dilakukan, karena ketika ujian berlangsung waktu tidak bisa di pause apabila kamu mau ke toilet.

Setelah selesai ujian, hasil akan langsung di kirimkan ke akun oracle. Biasanya ada notifikasi juga melalui email. Ketika mau cek hasil di certView, sebaiknya masukan ID itu tidak di copy paste tapi di ketik manual. Berdasarkan pengalaman, akun saya di suspend satu hari kerja karena gagal masuk sistem lebih dari tiga kali secara berturut.

Kalau lulus kita akan dapat badge resmi seperti ini.

oca java se 7 certification

Kita juga akan dapat ecertificates juga sih nantinya, score kita juga bisa dilihat di akun oracle kita. Alhamdulillah saya dapat 73% dari nilai minimal lulus 63%.  Kalau ngak percaya, silahkan cek disini.

Ada beberapa resources yang saya gunakan sebagai media belajar. Resources yang cukup terkenal itu ya buku terbitan Oracle Press sendiri : OCA/OCP Java SE 7 Programmer I & II Study Guide. Selain itu, saya juga latihan menggunakan bank soal terbitan EnthuWare dan Actual Test. Untuk simulasi ujiannya, saya menggunakan software VCE Exam Simulator dengan bank soal yang saya buat sendiri. Selain VCE, saya juga pakai aplikasi android CoreJava untuk simulasi.

Sengaja saya sisihkan waktu 5 jam satu hari selama kurang lebih dua minggu persiapan. Saya baca buku oracle setebal kurang lebih 350 halaman (6 chapter) dan ujian simulasi 2 kali tiap hari. Bangun jam 4 subuh, jam 7 berangkat kerja, jam 8 malam mulai belajar lagi sampai jam 12 malam. Begitu seterusnya selama dua minggu, ya terkadang saya korupsi waktu sedikit dengan bermain game atau main keluar hehe. Oiya kalau boleh saran, sebaiknya buat strategic planning, misalnya :

time planning

Kenapa sih harus punya sertifikasi ini?

Poin utamanya adalah sebagai sarana belajar dan penyemangat saya untuk terus belajar. Banyak hal baru saya tau tentang software engineer khususnya java dari proses belajar ujian ini.

  1. Penunjang karir. Bisa dibilang gelar OCA sama pentingnya dengan gelar sarjana bahkan lebih spesifik dan diakui secara luas. Siapa yang ngak kenal Oracle? FYI, sertifikat ini berlaku seumur hidup dan internasional. Jadi kalau mau melamar kerja di luar negeri, sertifikat ini juga akan diakui.
  2. Karena pengetahuan dan sertifikat tersebut, otomatis kita berpeluang untuk mendapatkan gaji lebih besar.

Siapa yang harus punya sertifikat Oracle?

Untuk mendapatkan posisi sebagai software engineer itu kriterianya ngak sulit. Punya sertifikat OCA ataupun ngak, peluangnya ngak berbeda jauh. Lain halnya dengan spesialisasi IT yang kriterianya cenderung lebih strict, seperti:

  • IT Administrator
  • IT Architect
  • IT Consultant
  • Database Administrator
  • Database Developer
  • System Engineer
  • Network Administrator

Untuk spesialisasi di atas, pintu pekerjaan pasti terbuka jauh lebih lebar untuk yang punya sertifikat di bidang tersebut. Buktikan sendiri kalo ga percaya! Good luck.

Silahkan download resources belajar yang saya gunakan, sebenarnya semuanya berbayar. Mari dengan bijak gunakan untuk belajar saja ya.

Buku Teori : OCA/OCP Java SE 7 Programmer I & II Study Guide

Bank Soal : EnthuWare dan Actual Test

Software Simulasi : VCE Exam Simulation

pass: bukuti.wordpress.com

 

 

 

One thought on “Pengalaman Sertifikasi Oracle Certified Associate Java

Leave a Reply

