Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Mengakses Web di Mac

Tulisan ini bagi pengguna Mac saja ya. Dan ini juga berangkat dari pengalaman saya pribadi. Awalnya ketika browsing di Indonesia menggunakan Google Chrome lancar-lancar saja. Saya bisa menikmati video youtube, membaca berita online ataupun berbelanja online. Setibanya di Saudi Arabia, mendadak Google Chrome saya tidak bisa digunakan untuk browsing. Hasilnya seperti dibawah ini. Kadang juga bukan ERR_FAILED tapi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Panik dong. Saya utak-atik, mulai dari clear history and cache, reset google chrome, uninstall google chrome sampai flush DNS, itu semua tidak ada yang berhasil.

Akhirnya saya coba browsing pakai Safari – browser bawaan Mac. Alhamdulillah bisa. Tapi saya belum terbiasa pakai safari. Saya coba cari alternatif browser lain, ketemulah brave dan vivaldi. Saya nggak akan nulis review tentang kedua browser itu. Kedua browser itu bagus, ringan, cepat, dan privasi terjaga. Tapi saya butuh chrome extension. Ada beberapa extension yang hanya ada di chrome.

Akhirnya saya baca-baca forum mac dan google. Alhamdulillah, setelah sekian lama ketemulah solusinya. Cara mengatasi Google Chrome tidak bisa mengakses internet.

  1. Masuk ke terminal (Command+T)
  2. Ketik cd ~/Library/Application\ Support/Google
  3. Akan muncul beberapa folder dengan mengetik perintah ls
  4. Hapus folder Chrome dengan perintah rm -r Chrome
  5. Cek kembali, seharusnya folder Chrome akan hilang.

Kemudian cek browser google chrome. Alhamdulillah sudah bisa mengakses internet kembali.

chrome tidak bisa akses internet

Leave a comment